Mengenai Saya

Foto saya
Biarlah orang lain yang menilai
Diposting oleh demonscrazy on Jumat, Mei 28, 2010

MENCARI IMAN

Sebagaimana sibuknya bangsa Indonesia mencari ilmu tidak kurang pula dari itu kesibukan orang barat mencari Iman. Dan sebenarnya bukan saja orang barat, tetapi juga orang yang diluar Islam, seperti Jepang, Korea, dll. Menjadi pertanyaan kenapakah mereka harus berbuat demikian, padajal mereka mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup tinggi ?

Justru karena demikianlah mereka mencari iman, mencari perlindungan barin kepada iman sebagai sesak dan gersangnya hidup semata-mata dengan ilmu, lebih-lebih karena ilmu pengerahuan tidak pula dapat menjawab semua problema hidup ini.

Sebagai contoh, Dr. Farid Rahmatullah, seorang ahli seni barat yang terkemuka memeluk Islam setelah kehilangan pegangan hidup, karena kesuksesannya itu hanya berkesudahan : uang, wanita dan mabuk. Dan ia tertolong hidupnya dengan Islam.

Kebosanan dan ketakutan.
 

Adalah satu kenyataan bahwa manusia di luar Islam dari kalangan bangsa yang maju, dihinggapi keresahan batin, kebosanan dan ketakutan.
 

Dr. Mustafa As Sib’ly, sarjana Islam yang terkenal dari Syria, setelah mengadakan penelitian tentang kehidupan barat mengungkapkan bahwa keresahan, kegoncangan batin dan penyelewengan moral yang telah menyebabkan keluh kesah hidup ibu dan bapak di barat, tombul dari kemajuan barat modern dan dari prinsip pokok filsafat yang berpengaruh padanya.
 

Dikemukakan pula bagaimana kegelisahan itu menuju pada intihar, yaitu bunuh diri dan yang paling aneh seribu kali aneh, ialah orang barat bunuh diri karena : sudah bosan hidup mewah.
 

Dan diatas itu semua itu ialah ketakutan yang selalu menghantui, akibat ilmu pengetahuan yang menjurus kea rah kehancuran total di dunia ini.

Himbauan Iman.
 

Inilah dunia sekitar kita, dan siapa yang tidak akan ngeri ?? tambah pula pengetahuan melahirkan lagi senjata yang menakutkan, apakah itu dinamai nuklir, netron dan lain-lainnya, sehingga tidak heran kalau orang-orang modern mencari iman sebagai tempat melindungi diri dari keresahan ilmiyah dan kebinalan nafsu syahwati. Sungguh indah sekali himbauan pujangga dan filosof Dr. M. Iqbal :
 

Dalam panasnya api,
Ciptakan iman Ibrahim,
Nanti akan dirasakan,
Taman-taman nikmat.


Dengan ketajaman filsafatnya, Iqbal melihat dunia sebagai apinya raja Nimruz, maka ddipanggilnya Insan untuk memiliki iman Nabi Ibrahim yang membuat dunia : sejuk nyaman. Dan sekian banya orang modern barat dan timur mencari dan menemukan iman sehingga mereka merasakan nyamannya batin dalam dunia yang panas itu.
 

Artinya, kita sebagai mukmin, haruslah memberikan arah kepada semua agar mencari ilmu untuk keutamaan hidup, mdan dijaga benar-benar jangan sampai sampai Iman yang dibiarkan merana.

Tulisan karya ( Alm ) Nawawi Dusky, my love Grandpa..

0 komentar:

Posting Komentar