Mengenai Saya

Foto saya
Biarlah orang lain yang menilai

Coretan dakwah

Diposting oleh demonscrazy on Senin, Mei 31, 2010

Tak dapat dipungkiri lagi, bahwa tiap-tiap dari kita, wajib mengajak manusia berbuat kebaikan dan melarang mereka berbuat kejahatan.
Sudahkah kita berbuat apa yang diwajibkan atas kita itu ? Belum sekali-kali !! bukan saja belum kita bereskan diri kita mengajak orang lain berbuat baik, atau melarang orang berbuat jahat, bahkan belum kita bereskan diri kita sendiri.
Tidakkah kita sadar, bahwa karena tidak kita kerjakan amar ma’ruf, nahyi-munkar itu, tersiar kejahatan, lenyap kebaikan ? hampir rata-rata orang mengerjakan maksiat, dan hampir tidak ada orang yang mengerjakan ibadah. Maksiat berjalan luas ditiap negri, tiap-tiap desa, dan tiap-tiap lorong.

Kita tidak bekerja untuk menghilangkan kejahatan, kita tidak bekerja buat menjauhkan kemunkaran, kita tidak bekerja untuk menolak datangnya kejahatan, malah kita bekerja untuk mencari kejahatan. Pantaskah kita digelari orang-orang Islam yang sebenarnya ?
Sebenarnya sekarang ini, bukan kita sebaik-baik umat, tetapi sejahat-jahat umat, sebusuk-busuk umat, serendah-rendah umat.
Kita mengaku kita orang Islam, tetapi kewajiban Islam, tidak kita jalankan. Kta mengaku agama kita, agama yang paling mulia, tetapi kita tinggal dalam kehinaan.
Maksiat berlaku disekeliling pinggang kita. Dusta terus maju. Tipu daya semakin banyak. Amanat telah lenyap. Umpat – mengumpat bertambah subur. Hasad dan dengki sampai berkarat. Zina dan pelacuran semakin marak. Arak dan minuman keras menjadi minuman biasa. Sudah begitu jeleknya pergaulan kita, tetapi masih juga belum mau kira bekerja amar-ma’ruf nahyi munkar.
Kalau kita tidak mengubah kejahatan-kejahatan itu dengan tangan, karena disini tidak dijalankan hokum-hukum islam, apakah tidak berkuasa kita mengubah dengan perkataan ? apakah kita tidak punya mulut untuk menasehati ??
Karena kita tidak bersama-sama memerangi kejahatan, mengejar kebaikan, maka kita semua akan dapat upahnya. Kita semua akan dapat celakanya. Kita semua dapat adzab-Nya, karena memang sudah ada ancaman dari Tuhan.
Wajib semua dari kita bekerja untuk menjauhkan semua yang tidak baik, karena kejahatan itu bila didiamkan, tidak saja akan mengenai orang-orang yang jahat, bahkan akan mengenai juga orang-orang yang baik.
Coba kalian pikir, tidakkah sulit kita menjaga diri ditempat maksiat ???
Jangan kalian pikir, bahwa menyerukan kebaikan itu hanya kewajiban orang – orang alim. Semua orang wajib menyerukan kebaikan. Tidak ada yang pengecualian.
Sekiranya kita harus urus diri kita secara Islam, kita harus bergaul secata Islam, hidup mati pun kita harus secera Islam. Maka kita akan tinggal aman, damai, suci dan bersih dari hal-hal kotor yang dibenci oleh agama dan bahkan juga akal.

Referensi : Buku Pengajaran Shalat karangan A. Hassan, penerbit C.V. Diponogoro Bandung.

0 komentar:

Posting Komentar